Bharabas 975 FM

Pemko Pekanbaru Sulap Pasar Sukaramai Menjadi Pusat Grosir

Pasar Sukaramai merupakan salah satu pasar tradisional milik Pemko Pekanbaru yang pengelolaannya diserahkan kepada pihak ketiga. Pasca kebakaran 3 tahun lalu, kini pihak pengelola kembali melakukan pembangunan baru gedung Pasar Sukaramai.

Sesuai yang direncanakan, berbeda dengan pasar sukaramai yang sebelumnya hanya menjadi pasar  dalam skala menengah, namun pasca perbaikan nanti pasar Sukaramai akan ditingkatkan sebagai pusat grosir di Kota Pekabaru.

Karena itu pasar Sukarmai diganti menjadi Sukaramai Trade Center atau STC. Pemerintah kota Pekanbaru ingin mewujudkan Sukaramai Trade Center sebagaimana halnya pusat grosir yang ada di Jakarta.

Hal ini menurut Walikota Pekanbaru, Firdaus, sangat memungkinkan, karena di Pekanbaru sendiri belum ada pusat grosir yang besar. Walaupun sebenarnya untuk saat ini Pasar Sukaramai juga sudah menjadi pusat grosir juga.

Walikota berkeinginan Sukaramai Trade Center nantinya tidak hanya menjadi pusat grosir bagi pedagang yang ada di Pekabaru, namun juga dari Riau bahkan dari provinsi tetangga, Sehingga wujud Pekanbaru sebagai kota perdagangan juga terpampang nyata.

Pemerintah Kota Pekanbaru dinyatakan Walikota juga berkomitmen tinggi mendukung pegelola Pasar Sukaramai atau Sukaramai Trade Center dalam merealisasikan pusat grosir yang aman dan nyaman. Salah satunya dimulai dengan pembersihan pedagang disekililing Sukaramai Trade Center.

Nantinya tidak ada lagi lapak pedagang kaki lima yang berada disekeliling Sukaramai Trade Center.

Ditargetkan Walikota, pada akhir Desember mendatang sekeliling Sukaramai Trade Center sudah bersih, sehingga pihak pengelola juga bisa memperindah bangunan dengan menambahkan taman di sekeliling bangunan sukaramai trade center

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan, pedagang akan dipindahkan ke dalam pasar pada bulan Desember nanti, agar lokasi bekas TPS yang menjadi  bagian luar dari bangunan Sukaramai Trade Center dapat dibenahi.

saat ini menurut informasi, sudah 87 persen kios yang ada di Sukaramai Trade Center dipesan oleh para pedagang.

Terlepas naiknya status Pasar Sukaramai menjadi pusat grosir, tentunya yang terpenting dari semua adalah semua pedagang lama di Pasar Sukaramai lebih menjadi prioritas untuk ditempatkan di gedung baru. Jangan sampa nantinya, pedagang yang sudah lama berjualan di pasar Sukaramai justru tidak mendapat tempat setelah berganti menjadi pusat grosir.(JW)

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *