Bharabas 975 FM

Kita Semua Wajib Peduli Kebersihan Kota Pekanbaru

Makin gencar Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebershan Kota Pekanbaru menegakkan Perda nomor  8 tahun 2014 tentang Pengelolaan Sampah, ternyata sampai saat ini masih belum mendatangkan efek jera bagi warga Kota Pekanbaru.

Terbukti Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, sepanjang 2019 ini sudah menindak sebanyak 141 warga yang membuang sampah sembarangan dan di luar jadwal yang ditetapkan.

 76 di antaranya telah menyelesaikan sanksi administrasi berupa pembayaran denda sesuai aturan berlaku.Sementara 65 lainnya belum membayar denda sehingga KTPnya masih disita.

Penerapan denda bagi warga yang membuang sampah sembarangan dan di luar jadwal yang ditetapkan itu sesuai Peraturan Walikota (Perwako) Nomor 134 Tahun 2018. Yang mana, warga yang kedapatan membuang sampah sembarangan bisa dikenai denda sebesar Rp250 ribu dan denda maksimal Rp5 juta sesuai volume sampahnya.

Sanksi  denda ini sudah turun dari yang seharusnya  Rp2,5 juta, namun dengan perimbangan sangsi sejumlah itu  sangat berat dibayarkan masyarakat. Melalui Perwako, masyarakat hanya  dikenakan denda mulai dari Rp100 ribu hingga Rp5 juta

Ironisnya ditengah masyarakat, meski telah banyak warga yang disanksi, namun masih ada juga warga yang membandel dengan tetap membuang sampah di luar waktu yang ditetapkan yakni dari pukul 19.00 hingga 05.00 WIB.

Puluhan Satuan tugas bersama Satpol PP sudah pula diturunkan untuk mengawasi warga yang membuang sampah ditempat yang dilarang. Namun tentunya dengan wlayah Pekanbaru yang luas ini, tidak akan mungkin Satgas selalu 24 jam bisa mengawasi.

Kebersiihan bukan ditujukan untuk Pemerintah Kota Pekanbaru saja namun untuk masyarakat Pekanbaru sendiri,. Jika lingkugan bersih tentu akan mendatangakan kenyamanan dan kesehatan. Sebaliknya jika lingkungan sekitar kumuh, penuh dengan rtumpukan sampah pasri rawan menimbulkan berbagai penyakit.

Bermula dari itu, mari bersama kita mulai untuk menjaga kebersihan lingkungan sendiri. Jika tiap rumah sudah sadar akan pentingnya kebersihan, tentu berbagai sangsi yang ditegaskan Pemerintah Kota Pekanbaru melalu berbagai aturan tidak perlu diterapkan lagi.

Ayo kita  patuhi jam buang sampah sesuai ketentuan yang berlaku, yakni pada pukul 19.00-05.00 WIB

Jika pergi kenegara lain saja kita bisa patuh untuk tidak membuang sampah sembarangan, mestinya kita semua juga bisa mampu menerapkan itu di Kota kota tercinta ni.

Kalau bukan kita siapa lagi. (DS)

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *