Belum ada Perusahaan Minta Penangguhan Pemberlakuan UMK 2020

Kepala  Dinas Tenaga Kerja Kota Pekanbaru, Jhoni Sarikoen mengaku  belum ada  menerima surat penangguhan pemberlakukan UMK dari perusahaan swasta terkait besaran UMK Kota Pekanbaru tahun 2020 sebesar 2.9 jt.

Dengan itu artianya besaran UMK 2.9 juta sudah bisa diterima oleh seluruh pihak. Apalagi dijelaskan Joni, penetapan besaran UMK adalah hasil kesepakatan antara serikat perwakilan pekerja dengan perwakilan perusahaan. Sedangkan Dinas Tenaga Kerja fungsinya hanya sebagai penengah atau fasilitator saja.

Lebih lanjut, Joni juga mengatakan menjelang diberlakukannya UMK terbaru nanti diawal Januari 2020, pihaknya saat ini sudah mulai melakukan sosialisasi ke sejumlah perusahaan swasta yang ada.

Sama seperti tahun sekarang, Dinas Tenaga Kerja Kota Pekanbaru juga dikatakan Joni siap menerima pengaduan dari pekerja jika memang nanti ada perusahaan yang tidak mematuhi UMK 2020.

Dilain pihak, Walikota Pekanbaru, Firdaus mengingatkan kepada seluruh perusahaan swasta yang ada untuk bisa mematuhi UMK 2020 sejumlah 2.9 juta rupiah.  (DS)

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *