Bharabas 975 FM

News and Information

Gubernur Penghasil Sawit Berkumpul di Riau

Para gubernur daerah penghasil sawit berkumpul di Pekanbaru. Kedatangan para kepala daerah ini untuk melaksanakan Rapat Kerja  membahas Dana Bagi Hasil (DBH) dari komuditas sawit dan turunannya.

Mengawali rapat kerja yang berlangsung pada Jumat (10/1/2020) malam, Gubernur Riau Syamsuar, menjamu para tamu sejawatnya itu di Balai Serindit, Gedung, Daerah.

“Dengan bersama-sama melakukan pembahasan DBH kelapa sawit ini tentunya menjadi semangat bagi daerah untuk bisa mendapatkan DBH kelapa sawit,” kata Syamsuar.

Dalam menyatukan persepsi tersebut, dukungan untuk mewujudkan sawit menjadi sumber PAD melalui DBH, seperti potensi alam lainnya.

“Kehadiran para gubernur di Bumi Lancang Kuning, tentu untuk memacu pembangunan di sektor perkebunan kelapa sawit,” ujar Syamsuar.

Ada pun dari 18 provinsi yang diundang pada acara Rakor DBH tersebut, dihadiri yakni empat Gubernur masing-masing Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur. Kemudian Wakil Gubernur dari Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah. Sisanya, diwakili asisten atau Kepala Dinas Perkebunan Provinsi.

Sementara itu sebelumnya Asisten I setdaprov Riau yang Juga merupakan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perkebunan Ahmadsyah Harofi mengatakan bahwa berkumpulnya para gubernur itu untuk menyatukan persepsi dan memberikan rekomendasi kepada pemerintah pusat untuk menyusun regulasi yang belum menguntungkan bagi daerah. (PE)

Bagikan