Soal Lonjakan Tarif Listrik, PLN Akui Kurang Sosialisasi ke Masyarakat

Bagikan

PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau menyampaikan permohonan maaf atas terjadinya lonjakan listrik pelanggan pasca bayar yang belakangan menjadi pembicaraan di kalangan masyarakat

Permohonan maaf tersebut, disampaikan melalui Manajer PLN UP3 Pekanbaru, Himawan Sutanto saat konfrensi pers di Gedung Daerah, Jalan Diponegoro, Kota Pekanbaru.

Lebih lanjut Himawan mengakui bahwa dinamika yang terjadi di kalangan masyarakat tersebut, juga tidak terlepas dengan kurangnya sosialisasi PLN kepada pelanggan.

Lebih lanjut dia menjelaskan, menindaklanjuti Surat Keputusan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Nomor 30A Tahun 2020 tentang perpanjangan status Keadaan tertentu tentang bencana wabah penyakit akibat virus Corona di Indonesia dan demi memutus rantai virus corona, PLN mengeluarkan kebijakan untuk tidak melakukan pencatatan meter secara langsung kerumah-rumah pelanggan khususnya pelanggan pasca bayar.

Akibat dari kebijakan tersebut, kata dia, maka pelanggan PLN untuk rekening pasca bayar dilakuka perhitunga menggunakan rata-rata pemakaian tiga bulan terakhir.

Tagihan rekening listrik April dan Mei dihitung menggunakan tagihan bulanan sebelumnya, sehingga tidak mencerminkan pemakaian aktual. Selama bulan April dan Mei, konsumsi listrik rumah tangga naik secara umum.

hal itu terjadi karena pemberlakuan tanggap darurat Covid-19 dan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) dimana akibat aktivitas masyarakat lebih banyak dilakukan di rumah.

Apalagi kemudian ditambah bahwa pada bulan Mei konsumsi listrik masyarakat khususnya rumah tangga cenderung naik kembali akibat bertepatan dengan bulan suci Ramadan 1441 Hijriah.

Lanjutnya, pada rekening bulan Juni atau pemakaian bulan Mei, PLN sudah melakukan pencatatan meter secara langsung ke pelanggan untuk memperoleh angka sebenarnya.

Terkait hal itu, kata Himawan, PLN memberikan solusi untuk perlindungan konsumen berupa program relaksasi.  (PE)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *