Wako Ingatkan DLHK Tertibkan Pungutan Retribsi Kebersihan

Bagikan

Walikota Pekanbaru, meminta Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) agar melakukan penertiban terhadap pemungutan sampah di pemukiman atau perumahan warga.

Pasalnya, ada oknum yang mengatasnamakan swadaya masyarakat dalam pemungutan sampah di perumahan. Mereka juga melakukan pemungutan uang retribusi sampah jauh lebih tinggi dari ketetapan peraturan daerah.

Dikatakan Walikota,  untuk retribusi biaya pengangkutan sampah, masyarakat hanya membayar Rp 5 ribu hingga Rp10 ribu namun faktanya dilapangan warga perumahan dikutip sampai 15 ribu rupiah per bulan.

Walikota  menyebut , oknum yang melakukan pemungutan sampah secara swadaya terhadap warga, sampah yang mereka angkut tidak terkontrol dibuang kemana.

Sejauh ini pihak DLHK sendiri telah melakukan upaya persuasif terhadap beberapa oknum. Namun hasilnya belum maksimal.

Lebih lanjut walikota berharap dengan kepala OPD yang baru, dan merupakan tupoksi DLHK, permasalahan rettibusi kebersihan harus menjadi perhatian. Termasuk untuk pengangkutan sampah yang diserahkan kepada pihak ketiga. DItekankan Wlaikota bukan hanya menghitung berapa volume sampah yang diangkut namun juga harus bersih wilayah yang sudah dikerjasamalan dengan pihak ketiga. (ds)

(Visited 15 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *