Kadis PMDK Riau Beberkan Progres Pencairan Dana Desa Covid-19

Bagikan

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kependudukan  atau PMDK Provinsi Riau Yurnalis Basri menjelaskan progres bantuan dana desa untuk membantu warga miskin dan yang terdampak Covid 19.

Yurnalis menyebutkan, BLT itu sudah dicairkan dalam tiga tahapan di 12 kabupaten/kota . Meski demikian bantuan yang dicairkan pada tahap ketiga belum seluruh desa di Provinsi Riau.

Lebih lanjut Yurnalis menjelaskan, progres penyaluran BLT tahap pertama sudah mencapai progres 1.590 desa. Jika dipersentasikan mencapai 99,94 persen.

Kemudian pencairan tahap kedua mencapai 83,16 persen atau sudah disalurkan kepada 1.323 desa dan tinggal 268 desa yang belum disalurkan.

Sedangkan tahap ketiga, baru disalurkan sebanyak 539 desa dari 1.052 desa. Artinya progresnya masih 33,88 persen.

Yurnalis menyebutkan, beberapa hambatan dalam mencapai realisasi. Ini dikarenakan pola pengaliran dana desa dibagi tidak seperti pola biasanya

Namun karena pandemi Covid 19 ini paparnya, pola penyaluran dana desa juga berpengaruh. Untuk tahap pertama 15 persen, tahap kedua 15 persen dan tahap ketiga 10 persen. Sehingga belum semua desa mendapatkan bantuan tahap ketiga ini. (pe)

(Visited 11 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *