Pasien COVID-19 Yang Isolasi Mandiri Tetap Dapat Obat Gratis

Bagikan

Setiap pasien COVID-19 tanpa gejala yang melakukan isolasi mandiri di rumah, tidak perlu risau mengeluarkan biaya untuk obat karena semuanya ditanggung oleh pemerintah daerah.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir selasa pagi di Pekanbaru.

Lebih lanjut Mimi menerangkan Sejak sekitar dua bulan terakhir, Satgas COVID-19 Riau mulai memberlakukan pengobatan secara isolasi mandiri untuk penderita yang berkategori orang tanpa gejala (OTG) setelah sebelumnya semua yang terkonfirmasi positif terinfeksi virus corona harus dirawat di rumah sakit rujukan. Hal tersebut mengacu pada ketentuan yang diberlakukan oleh Kementerian Kesehatan dalam pencegahan dan penanggulangan COVID-19.

Perawatan di rumah sakit kini khusus bagi pasien dengan kondisi sedang dan berat, sementara pasien OTG yang tidak punya kemampuan untuk isolasi mandiri di rumah dirawat di gedung-gedung pemerintah yang sudah disediakan.

Meski begitu, Mimi mengatakan sesuai arahan Gubernur Riau setiap pasien yang isolasi mandiri tetap harus diperhatikan ketersediaan obat mereka. Pasien dipastikan mendapat asupan obat yang disediakan oleh pemerintah.

Pemberian obat dilakukan melalui tenaga kesehatan puskesmas yang setiap hari rutin melakukan pemantauan pasien isolasi mandiri. Sedangkan ketersediaan obat di fasilitas kesehatan tersebut dipasok dari dinas kesehatan setempat melalui instalasi farmasi. (PE)

(Visited 17 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *