Bagikan

Sekretaris Daerah Provinsi  Riau Yan Prana Jaya meminta kabupaten/kota untuk segera menggesa penetapan Peraturan daerah tentang Rencana Tata Ruang Wilayah  atau RTRW.

Yan mengatakan, sejauh ini baru lima kabupaten/kota yang telah menyelesaikan Perda RTRW itu. Artinya, masih ada 7 daerah lagi belum ditetapkan.

Karena itu, lanjut Setdaprov pihaknya meminta daerah untuk segera menggesa ditetapkannya Perda RTRW tersebut. Karena, sebenarnya  sudah ditargetkan oleh pusat untuk menyelesaikan Perda RTRW ini pada tahun 2019 lalu.

Menurut Yan, penetapan RTRW di kabupaten/kota itu sangat mempengaruhi nilai investasi di daerah. Dengan adanya kepastian Perda RTRW itu, investor tentu semakin mantap untuk menanamkan modalnya.

Sejauh ini lanjut Yan, baru lima kabupaten/kota yang telah menyelesaikan Perda RTRW. Kelimanya adalah, Kabupaten  Siak, Kabupaten Kampar, Kota Dumai, Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Dan kemarin pihaknya membahas RTRW bersama Pemkab Kepulauan Meranti. Masih ada beberapa item dalam Ranperda RTRW Meranti itu harus diperbaiki.

Yan berharap, tujuh kabupaten/kota yang belum menuntaskan Perda RTRW itu segera menggesanya. Sehingga, Pemprov Riau akan membuat Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS). (PE)

(Visited 9 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *