Profil Sandiaga Uno, Menparekraf Baru Dalam Reshuffle Kabinet Indonesia Maju

Bagikan

Sandiaga Uno menjadi salah satu nama yang disebut Presiden Jokowi dalam pengumuman reshuffle kabinet hari ini, Selasa (22/12). Mantan Wakil Gubernur Jakarta ini akan mengemban tugas sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) dalam kabinet Indonesia Maju.

Sandiaga Uno merupakan putra dari pasangan Razif Halik Uno dan Mein R. Uno. Ia lahir pada 28 Juni 1969 di Rumbai, Pekanbaru. Sang ayah merupakan karyawan perusahaan Caltex di Riau, sedangkan sang ibu menjadi pakar pendidikan kepribadian.

Pada 1970-an, pria yang akrab disapa Sandi itu pindah ke Jakarta. Kemudian, Sandi menempuh pendidikannya di SD PKSD, SMP 12 Wijaya Jakarta Selatan, dan SMA Pangudi Luhur di Jakarta.Setelah itu, Sandi melanjutkan pendidikan S1 di Wichita State University Kansas, Amerika. Ia pun lulus dengan peringkat Summa Cum Laude. Setelah lulus, Sandi bekerja di Bank Summa.Setahun kemudian, Sandi melanjutkan pendidikan S2 usai meraih beasiswa di George Washington University, Amerika Serikat. Sandi pun berhasil lulus dengan indeks prestasi kumulatif yang sempurna, yakni 4,00.Pada 1993, Sandi menjabat sebagai manager Investasi di Seapower Asia Investment Limites, Singapura. Lalu pada 1995, ia pindah ke Kanada dan melanjutkan kariernya di NTI Resources Ltd sebagai Executive Vice President.

Pada 1997, Sandi harus menjadi pengangguran setelah badai krisis moneter menimpa perusahaannya. Sandi pun kembali ke Tanah Air untuk mencari pekerjaan baru. Sayangnya, ia malah ditolak oleh 25 perusahaan.Penolakan itu membuat Sandi berusaha memulai karier dengan cara lain, yakni menjadi pengusaha. Ia membuat perusahaan konsultan keuangan dengan nama PT Recapital Advisors pada 1997. Perusahaan ini didirikan bersama Rosan Perkasa Roeslani, teman SMA-nya.

Pada 1998, Sandi dan Erwin Soeryadjaya mendirikan PT Saratoga, sebuah perusahaan investasi. Usaha ini mencakup bidang pertambangan, telekomunikasi, dan produk kehutanan. Berkat jaringan yang baik dengan perusahaan dan lembaga keuangan lain, perusahaan ini akhirnya berjalan sukses. Pada 2017, Sandi mulai terjun ke dunia politik. Ia maju sebagai calon wakil gubernur DKI Jakarta bersama Anies Baswedan sebagai calon gubernur DKI Jakarta. Setelah menjalankan dua putaran, Sandi dan Anies berhasil mengungguli Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Syaiful Hidayat.

Setahun kemudian, Sandi mengundurkan diri sebagai Wagub DKI Jakarta. Dia pun maju sebagai Calon Wapres bersama Prabowo Subianto sebagai Capres 2019. Kendati demikian, ia gagal meraih suara terbanyak.Terkait kehidupan pribadi, Sandi sudah menikah dengan Nur Asiah Abdul Aziz. Dari pernikahannya, ia dikaruniai tiga orang anak yaitu Anneesha Atheera Uno, Amyra Atheefa Uno, dan Sulaiman Saladdin Uno.

Sumber : https://kumparan.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *