Bharabas 975 FM

Serba Serbi

Pasar Pabukoan

Setiap bulan Ramadhan tiba mulailah bermunculan para pedagang takjil ataupun makanan yang lebih dikenal dengan nama pasar Pabukoan, mereka biasanya membuka lapak berjualan makanan dipinggir jalan menjelang waktu berbuka puasa. Namun hal ini berdampak pada kemacetan arus lalu lintas.

Pahala Sedekah

Bulan Ramadhan adalah waktu yang paling tepat untuk mengumpulkan pahala yang berlipat ganda. Maka dari itu pada bulan Ramadhan inilah waktu kita yang paling baik dan sangat dianjurkan untuk memberikan banyak sedekah.

Balimau Kasai

Balimau Kasai adalah sebuah upacara tradisional yang istimewa bagi masyarakat Kampar di Provinsi Riau untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Acara ini biasanya dilaksanakan sehari menjelang masuknya bulan puasa. Upacara tradisional ini merupakan simbol pembersihan diri. Balimau sendiri bermakna mandi dengan menggunakan air yang dicampur jeruk yang oleh masyarakat setempat disebut limau. Jeruk yang biasa digunakan adalah jeruk purut, jeruk nipis.

Ngabuburit

Ngabuburit berasal dari bahasa Sunda. Jika diterjemahkan secara Sunda, ngabuburit terdiri atas dua komponen, yaitu ‘nga’ yang merupakan sebuah imbuhan karena adanya pengulangan awal kata. Dan ‘burit’ artinya waktu menjelang sore, atau waktu senja. Jadi bila disimpulkan dengan mempersempit arti, ngabuburit sendiri adalah menunggu saat senja atau waktu buka puasa.

Sejarah Radio Malabar Bandoeng

Tut… Tut… Tut…Hallo Bandoeng,” Hier den haag”
Sekarang merupakan hari bersejarah bagi media massa khususnya Radio Telegraf 
“Stasiun Radio Malabar”

Bandung Selatan merupakan tonggak sejarah radio di Indonesia. Pada 5 Mei 1923 dirintis oleh Dr. Ir. G.J. de Groot dibangunlah stasiun pemancar radio tepatnya di kawasan Gunung Puntang yang yang terletak di kaki Pegunungan Malabar. 
Radio Malabar merupakan stasiun pemancar radio berdaya terbesar yang pernah ada di muka bumi, dengan “berg antenna” sepanjang 2 kilometer terbentang diantara gunung Malabar dan gunung Halimun, membuatnya sangat fenomenal dan legendaris.

Stasiun radio Malabar merupakan bagian dari Gouvernements Post, Telegraaf en Telefoondienst in Nederlandsch Indie, yang membuka jalur komunikasi antara 2 negeri berjarak 12.000 kilometer ini. Disinilah titik awal masuknya komunikasi radio di Indonesia.
Pada saat itu ungkapan “Hallo Bandoeng, hier Den Haag” seringterdengar. Peristiwa ini mengilhami Willy Derby tahun 1929 menggubah lagu “Hallo Bandoeng”. Lagu ini mengisahkan seorang wanita tua di Belanda yang berbicara dengan anak laki-lakinyal yang berada di seberang lautan Hindia Belanda, dan untuk pertama kali mendengar suara cucunya.
Tapi sayang stasiun radio malabar kini tinggal kenangan hanya tersisa puing2nya tidak seperti pasangannya stasiun radio kootwijk di belanda.

Sumber : (Yusuf Thojiri OrangPinggiran)

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •