7 Makanan Sehat untuk Sarapan Selama Sepekan

0 0
Read Time:2 Minute, 28 Second

Penting untuk memulai hari dengan sarapan yang penuh nutrisi. Berikut pilihan menu sarapan sehat yang bisa Anda pilih.
Di tengah zaman yang serba modern ini, aktivitas harian kerap kali membuat sarapan dilakukan dengan terburu-buru. Menu jadi seadanya tanpa memikirkan kandungan nutrisi.
Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya siapkan bahan-bahan makanan untuk menu sarapan sekali dalam sepekan. Mengutip Live Strong, ahli gizi Frances Largeman-Roth menyarankan Anda untuk menambahkan beberapa bahan makanan berikut untuk menu sarapan sehat selama sepekan.
1. Rolled oatMengutip dari The Kitchn, rolled oat merupakan gandum gulung juga disebut gandum kuno. Bentuknya seperti cakram, pipih, bulat tidak teratur, dan sedikit bertekstur. Saat diproses, rolled oat perlu dikukus terlebih dahulu agar lebih lembut.
Rolled oat terbilang matang lebih cepat daripada oat potong biasa, menyerap lebih banyak cairan, dan bentuknya relatif tetap bertahan selama proses masak.Menurut Largeman Roth, seperti jenis oat lain, rolled oat mengandung beta-glucan yakni serat larut yang membantu kadar gula darah, memperlambat pencernaan, dan mempertahankan rasa kenyang lebih lama.
2. AnggurSelain apel, anggur juga menjadi pilihan buah yang praktis dikonsumsi selama hari-hari kerja yang sibuk. Bentuknya yang bulat mampu menggantikan jeli instan yang tinggi gula tambahan. Anggur bisa dikonsumsi begitu saja atau sebagai topping smoothies dan yogurt Anda.
Mengutip situs kesehatan Mayo Clinic, anggur mengandung resveratrol atau senyawa antioksidan yang berhubungan dengan penurunan inflamasi. Resveratrol banyak terdapat pada bagian kulit anggur, sehingga Anda disarankan untuk mengonsumsinya bersama dengan kulitnya.
3. Greek yogurtYogurt Yunani alias Greek yogurt memiliki rasa lebih creamy dengan kandungan protein yang tinggi. Menurut United States Department of Agriculture (USDA) mencatat, satu sajian Greek yogurt (206 gram) memberikan 18,6 gram protein dan 200 kalori.
Protein untuk sarapan bisa memberikan rasa kenyang cukup lama sehingga menghindari konsumsi camilan tinggi kalori setelahnya.
4. Roti biji-bijian“Roti apa pun yang Anda beli, pastikan mengutamakan roti berbahan biji-bijian,” kata Largeman-Roth.
Biji-bijian mengandung serat dan nutrisi penting lain. Selain memberikan rasa kenyang lebih lama, konsumsi roti biji-bijian juga merawat kesehatan pencernaan dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.
5. Biji labuSereal memang kerap jadi salah satu menu sarapan andalan karena cukup praktis. Namun, perhatikan lagi campuran sereal yang Anda konsumsi. Pastikan sereal mengandung biji-bijian, termasuk biji labu buat campuran.
Di balik tekstur renyahnya, biji labu kaya akan magnesium. Sebanyak 1 ons biji labu menyediakan 37 persen kebutuhan magnesium harian. Magnesium berguna untuk menjaga fungsi otot dan saraf serta membantu metabolisme protein.
6. Chia seedMenambahkan sedikit biji chia pada menu sarapan bakal memberikan manfaat besar. Chia seed mengandung alpha-linoleic acid (ALA), salah satu jenis omega-3. Lemak omega-3 merupakan lemak tak jenuh ganda yang membantu menyehatkan jantung dan menjaga kestabilan tekanan darah.
7. TelurSarapan sehat dan bernutrisi tidak akan lengkap tanpa kehadiran telur. Bahan makanan satu ini memang mudah diolah dan fleksibel untuk berbagai macam menu.
Selain kaya akan protein, telur juga mengandung kolin. Menurut Largeman-Roth, kolin merupakan nutrisi penting untuk menjaga metabolisme dan memainkan peranan penting untuk kesehatan otak.
(CNI)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *